Posted on

Tujuh Cara Membuat Kampanyemu Berhasil Meraih Crowdfunding

Mangrover Unite. Perlu beberapa kiat khusus untuk menjadikan kampanye crowdfunding-mu berhasil membuahkan pendanaan, berikut ini caranya.

Ciptakan produk terbaik
Semua media pemasaran di dunia ini tidak dapat membantumu, bila idemu tidak dapat diterima oleh masyarakat. Lakukan banyak riset dan habiskan waktu untuk membuat prototipe, sampai kamu mendapatkan produk yang benar-benar siap untuk dibuka di hadapan umum dan ekspansi ke berbagai wilayah, hingga ke luar negeri.

Mengetahui jumlah dana yang diperlukan
Perkiraan alokasi pendanaan harus dibuat dengan angka yang sejelas mungkin, termasuk untuk biaya-biaya tak terduga. Dengan membongkar rencana alokasi keuangan, maka kamu sedang mengikat kepercayaan dengan para pemberi dana.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui kemana saja aliran dana yang akan dikeluarkan. Jika dana yang didapatkan melebihi dari yang dibutuhkan, maka yang kamu perlukan adalah ‘give back’ kepada pemberi dana.

Salah satu caranya dengan melebarkan goal dari startup kamu. Namun perlu diperhatikan, mana kala memberikan risiko untuk mengubah produk atau visi yang telah kamu miliki. Memberikan konsumen atau pengguna tawaran-tawaran menarik, seperti diskon atau cash back, juga dapat menjadi cara lainnya.

Kreativitas imbalan
Gunakan kreativitasmu dalam memberikan reward kepada pemberi dana, misalnya dengan menyertakan nama-nama mereka dalam media yang terpublikasi di hadapan masyarakat luas. Memberikan imbalan dalam bentuk yang kreatif dan tidak dapat diperoleh dengan uang, akan membuat mereka akan memberikan investasi dalam jumlah besar.

Temukan pemberi dana pertama
Saat telah memasuki masa fundraising, memberikan reward kepada seseorang yang pertama kali melakukan investasi, merupakan penghargaan tersendiri baginya. Kamu juga dapat meminta feedback terkait produkmu.

Selain itu, dengan menyebarluaskan komentar dari pemberi dana yang pertama, maka secara tidak langsung akan menggugah orang lain untuk turut serta berinvestasi.

Sebarkan konten video
Berikan sedikit saja deskripsi produkmu dalam bentuk teks. Kini, memasarkan produk dengan konten video sebagai media, terbukti mampu dengan cepat mendapatkan perhatian dari audiens.

Oleh karena itu, konten video memberikan potensi yang bagus kepada pemberi dana. Membuat konten video tidak melulu harus menggunakan properti yang mahal. Pesan yang disampaikan serta cara penyampaian tentu saja harus menjadi perhatian utama.

Interaksi
Pemberi dana yang potensial ingin melihat apakah kamu cukup aktif dan mudah dijangkau, maka pastikan kamu menjawab komentar atau pertanyaan mereka dengan cepat. Secara langsung, kamu juga akan mempelajari hal-hal tentang produkmu, serta ekspektasi dari para calon konsumen.

Tentu saja, hak tersebut akan membuka peluang kamu untuk mendapatkan dana investasi dalam jumlah yang banyak.

Jaminan pemenuhan produk
Siapa pun yang memberikan pendanaan kepada produk yang inovatif, secara tidak langsung, telah menyadari akan ada banyak modifikasi pada hasil akhirnya. Sebab, uji coba dan adaptasi terhadap kegagalan masih akan terus dilakukan.

Oleh karena itu, pastikan bahwa siklus, mulai dari bahan baku, produksi, pengemasan, pemasaran, dan distribusi dapat terpenuhi dengan baik tanpa ada halangan apapun. (Sumber: artikel/foto).

Leave a Reply